4.24.2011

jadi mahasiswa itu ..

Ini tahun pertama saya menjadi mahasiswa. Berat rasanya melepas masa-masa SMA. Karena katanya kalau sudah jadi mahasiswa itu nanti cenderung individual dan nggak ada "geng" seperti jaman SMA. Pertama kali masuk ke kelas, ternyata cukup menyenangkan. Tidak seburuk yang saya bayangkan. Banyak teman dan lebih variatif tipe orangnya.  Bahkan kakak kelas pun bisa jadi teman sekelas ketika kita sudah kuliah.

Seiring dengan jenjang sekolah yang lebih tinggi, otomatis kita juga dituntut lebih dewasa dan bertanggungjawab. Nah, ini yang agak susah. Ketika di SMA, rata-rata guru yang memaksa kita untuk mengerjakan tugas, belajar, dll. Setelah saya jadi mahasiswa, ternyata mengatur kebutuhan untuk belajar itu sulit sekali. Banyak godaan yang membuat saya malas untuk belajar. Untuk itu, bagi teman-teman sebaya saya atau yang mau menginjak dunia kuliah, fokuskan niat kalian untuk belajar.

Satu hal yang sangat penting yang saya pelajari sejak duduk di bangku kuliah adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri. Bagaimana cara kita mengatur kebutuhan, baik kebutuhan uang saku, manajemen waktu dalam mengerjakan tugas, menata diri supaya tetap dapat bersosialisasi dengan lingkungan, dan juga bagaimana saya bisa memikirkan orang lain ketika mengerjakan tugas kelompok. Seringkali dalam kuliah kita harus bekerja secara kelompok. Dan terkadang orang beranggapan menjadi anggota kelompok itu artinya kita duduk manis dan mengikuti mandor. Padahal semestinya kita bisa menyumbangkan sesuatu untuk membantu agar kelompok kita bisa menjadi yang terbaik.

Jangan pernah takut mengemukakan pendapat dalam kelompok hanya karena pola pikir kita berbeda. Karena justru dari berbagai pendapat berbeda yang muncul, pasti ada kesimpulan yang baik yang bisa ditarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar