4.06.2012

Si Atap Hijau, Sejuk dan Ramah Lingkungan



Green roof  (atap hijau) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan atap sebuah bangunan yang sebagian atau seluruhnya ditutupi dengan vegetasi dan media tumbuhan yang ditanam diatas membran waterproof.
Teknologi ini juga termasuk lapisan tambahan seperti penahan akar,  saluran talang, dan system irigasi. (penggunaan hijau mengacu pada tren lingkungan hidup dan tidak mengacu pada atap yang hanya berwarna hijau, seperti genteng atau atap hijau atau atap sirap).
Kontainer kebun di atap, dimana tanaman dipelihara di dalam pot, umumnya tidak dianggap sebagai Green roof. Hal ini masih menjadi perdebatan di beberapa negara. Green roof yang juga dikenal sebagai atap hidup harus dapat memenuhi beberapa tujuannya, yaitu: menyerap air hujan, menyediakan isolasi panas di atap, dan membantu menurunkan suhu udara di perkotaan.
Dapat mendukung lebih banyak tanaman, tetapi lebih berat dan membutuhkan perawatan lebih. Jenis lainnya adalah atap ekstensif, lebih luas yang tertutup dengan layer tumbuhan yang lebih ringan diban dingkan dengan atap intenmsif. Ketika memilih antara atap intensif dan atap ekstensif yang harus diperhatikan adalah seberapa sering atap tersebut akan dikunjungi orang. Ketika banyak orang yang berkunjung, maka pemilihan atap yang sesuai adalah atap intensif. atap intensif biasanya terlihat lebih menarik dan arena strukturnya lebih tebal, maka atap intensif sanggup menahan setiap orang yang berkunjung tiap harinya.






Benefit
Keuntungan dari Green roof antara lain adalah:
1.   Mengurangi panas (dengan menambahkan masa dan nilai resitansi termal)
2.   Jika Green roof ditaruh dalam kaca sehingga bertindak sebagai terrarium dan penahan panas dari sinar matahari, Green roof bahkan dapat mengurangi suhu rata- rata di perkotaan selama musim kemarau.
3.   Menyerap air hujan, sehingga air tidak mudah hilang.
4.   Filter polutan dan karbon dioksida yang membantu menurunkan resiko kesehatan seperti asma.
5.   Filter logam berat agar dipisahkan dari air hujan, sehingga membuat kualitas air tetap terjaga.
6.   Membantu untuk mengisolasi bangunan dari polusi suara.






Konstruksi Green Roof
- Lapisan 1 Water Proof Membrane. Lapisan untuk menutupi keseluruhan permukaan atap
- Lapisan 2 Drain mat. Lapisan sebagai tempat/ruang bergeraknya aliran air yang berasal dari air penyiraman dan air hujan menuju kepembuangan akhir
- Lapisan 3 Filter Cloth. Lapisan untuk memisahkan lapisan ‘drain mat’ dan media pertumbuhan
- Lapisan 4 Growing medium. Lapisan tempat pertumbuhan tanaman komposisi tanah dicampur sand,salts,clay,organic matter dan lava rock
- Lapisan 5 Tanaman. Banyak tanaman dapat dipergunakan tergantung dari konsep disain lansekap taman






Tidak ada komentar:

Posting Komentar