3.13.2013

Belajar Tentang Rupa Muka Tanah

ini adalah mata kuliah perencanaan tapak. harusnya dijalani saat semester 2 kemarin. tapi aku harus mengulang karena nilainya jelek. ya, mengecewakan. tapi gimana lagi kuliah harus tetap dijalani demi nilai yang lebih baik  >,<


Bentuk Muka Tanah

Relief daratan, terdiri atas :

1.      Gunung, yaitu daerah yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya, dan ditandai dengan adanya puncak, lereng, dan kaki gunung.

1.      Pegunungan, yaitu rangkaian beberapa gunung, bentuknya memanjang. Contohnya pegunungan bukit barisan di pulau sumatera.

1.      Bukit, yaitu tumpukan tanah yang lebih tinggi dari tempat sekitarnya atau sejenis pegunungan yang tingginya antara 200 sampai 300 meter. Bukit yang berkelompok disebut perbukitan.

Pematang, yaitu suatu perbukitan atau pegunungan yang puncaknya berderet apabila didaki dari puncak yang satu ke puncakyang lain tidak perlu sampai ke kakinya

1.      Plato atau Plateau, bentuk permukaan bumi ini merupakan dataran tinggi dengan bagian atas relative rata dan telah mengalami erosi.

1.      Dataran Tinggi, yaitu daerah datar yang berada pada ketinggian lebih dari 700 m dpl dan berciri sejuk.

Tebing atau jurang adalah formasi bebatuan yang menjulang secara vertikal. Tebing terbentuk akibat dari erosi. Tebing umumnya ditemukan di daerah pantai, pegunungan dan sepanjang sungai. Tebing umumnya dibentuk oleh bebatuan yang yang tahan terhadap proses erosi dan cuaca

1.      Lembah, yaitu daerah ledokan/lebih rendah dari tempat sekitarnya dan berda di bawah kaki gunung. Bisa juga diartikan sebagai daerah yang rendah di antara dua tempat yang lebih tinggi.


1.      Cekungan, yaitu bentuk muka bumi  yang cekung yang umumnya dikelilingi oleh gunung atau pegunungan

2.      Lereng, yaitu suatu medan atau daerah permukaan tanah yang letaknya miring, tidak horizontal dan tidak vertikal.

1.      Depresi, adalah bagian permukaan bumi yang mengalami penurunan. Bentuk depresi yang memanjang disebut slenk, sedangkan yang membulat disebut basin. Misalnya, Depresi Jawa Tengah dan Lembah Semangka.

2.      Ngarai (Canyon), yaitu lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang curam, misalnya ngarai sianok di Sumatera Barat.

1.      Dataran Rendah, yaitu bagian permukaan bumi di daerah yang relatif rata yang berada pada ketinggian kurang dari 200 m dari permukaan laut.


1.      Pantai, adalah bagian dari darat yang terdekat dengan laut. Garis pantai adalah garis batas antara laut dan darat. Tepi pasir atau pesisir adalah bagian dari darat yang tergenang air ketika pasang naik dan kering ketika surut. Daratan yang terletak di tepi laut disebut pantai. Di daerah pantai dikenal berbagai bentuk muka bumi sebagai berikut :
1)       Teluk, yaitu laut yang menjorok ke daratan.
2)       Tanjung atau ujung, yaitu daratan yang menjorok ke laut. Ujung yang sangat panjang dinamakan jazirah atau semenanjung.
3)       Delta, tanah endapan di muara sungai.
4)       Gosong, pulau yang tergenang ketika laut pasang dan muncul ke permukaan ketika air laut surut disebut gosong (gosong pasir).

(dari berbagai sumber) 





3 komentar: