2.12.2013

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, DI. Yogyakarta. Berupa Wisata Pendidikan, Wisata Alam, Berkemah, dan Sarana Outbond. KBM ini menempati areal seluas + 23,5 Ha dengan fasilitas dan berbagai aneka tanaman buah-buahan dan ternak.

Fasilitas

* Aula besar
* Pendopo
* Gazebo
* Joglo
* Mushola
* Area kemah (3 tempat) 
*Kolam pemancingan (1 tempat)
* Kolam renang anak-anak (2 pool) 
*Area outbond 
* Sarana outbond (flying fox, reflying, dll)
* Pondok inap (2 pondok) 
* Kamar mandi 
* Parkir luas 
* Kebun aneka buah 
* Peternakan
* Camping ground 1 Ha 
* Arena bermain anak

Dari sekian banyak fasilitas yang dituliskan, saya nggak menemui kolam renang anak, sarana outbond, pondok inap, musholla, dan camping ground. Mungkin karena saya kurang menjelajah. Maklum, gerimis manis menemani saya selama perjalanan di Kebun Buah ini. Jadi malas untuk berlama-lama.

Spot yang langsung saya tuju adalah gardu pandangnya. Konon pemandangan dari ini indah sekali. Jalan menuju gardu pandang juga tak kalah indah. Melewati banyak pohon buah, dan kolam. Dengan tanjakan yang lumayan curam (gigi 1 kalau pakai motor bebek) akhirnya saya sampai di tempat tujuan.

Dan benar, ternyata memang indah. Saya bisa melihat kota Bantul dari perspektif yang berbeda. Hijau sekali.








ada juga tempat untuk tanaman organik, tapi sepi banget



Sayangnya pembangunan sarana-prasarana disini kurang mendapat perhatian. Menurut saya pribadi, semestinya desain landscape di Kebun Buah ini masih sangat bisa di eksplor sehingga lebih menarik dan aman bagi pengunjung :)


tangganya cukup curam dan tidak ada railing

Parahnya lagi, dengan fasilitas yang kurang mendapat perhatian secara maksimal, pengunjung juga nggak ikut merawat. Tetap saja banyak coretan tangan yang salah tempat dan salah gaul -,-
Kan sayang tempatnya eh, kenapa sih pada nggak bisa menjaga fasilitas umum.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar